Gandeng Ditjen Perikanan Anggota Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam Gelar Bimbingan Perawatan Mesin Kapal

  • Bagikan
Anggota DPR RI Ibnu Multazam saat berikan sambutan (Foto: Rojihan/BeritaIDN)

BeritaIDN, PACITAN-Pentingnya merawat mesin kapal yang dimiliki nelayan agar tetap berjalan baik selama digunakan, Ditjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan RI bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Ibnu Multazam gelar bimbingan teknis bertajuk Laut Berdaulat, Negara Kuat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan, Supomo mengatakan dalam sambutannya mengucapkan selamata datang kepada semua Anggota DPR RI dari fraksi PKB, Ibunu Multazam beserta semua yang hadir. Dia berharap kedepan bisa terus terjalin baik sehingga nelayan Pacitan sejahtera.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kedatangan semuanya, saya berharap kedepan kerjasama terjalin romantis antara Pacitan dan Kementerian Kelautan sehingga banyak program untuk kesejahteraan nelayan,” katanya, Minggu (10/4/2022).

Baca juga :  Vaksin Door To Door Bripka Latip Utomo Beri Hadiah Minyak Goreng pada Warga

Sebab menurut Supomo untuk kesejahteraan nelayan tak bisa dilakulan oleh Pemerintah Daerah mengingat anggaran terbatas. Maka perlu adanya terjalin terus kerjasama dengan pusat.

“Sekali saya sampaikan terimakasih atas membawa program untuk nelayan di Pacitan, kedepan nelayan pasti memiliki pengalaman tentang merawat mesin setelah mengikuti bimbingan kali ini,” imbuhnya.

Perwakilan dari Ditjen Perikanan Kementerian Kelautan RI Uton, program kali ini meningkatkan mutu produksi hasil tangkapan dan produktifitas nelayan dan memanfaatkan sumber daya nelayan.

Nelayan saat menerima arahan (Foto: Rojihan/BeritaIDN)

“Menjamin program ini kususnya mesin kapal bagaimana agar para nelayan bisa mengoprasionalkan, sehingga tidak ada kendala saat dipergunakan,” jelasnya.

Sementara Anggota Komisi IV DPR RI, Ibnu Multazam mengatakan bahwa pentingnya menjaga kondisi mesin-kapal harus baik, bahkan dia mengibaratkan kapal dan mesin bagaikan rumah dan kompor. Keduanya harus dalam kondisi baik.

Baca juga :  159 Warga Terima BLT DD, Kades Kalikuning Pacitan: Manfaatkan Sesuai Kebutuhan

“Saya ibaratkan mesin kapal andaikata ini rumah mesin kapal itu adalah dapurnya. Rumahnya, sebagus apapun tetapi kompornya macet tidak bisa digunakan untuk memasak, maka antara rumah dan dapur itu kedua-duanya harus baik. Maka seperti saat ini diadakan bimbingan teknis mesin kapal,” terangnya.

Selain pintar menangkap ikan, Ibnu Multazam berharap para nelayan juga memiliki kemampuan pemasaran dan pengelolaan. Sehingga dari berbagai sektor bisa menguasai.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *