Dukung Makan Siang Gratis, Sapi Perah Pacitan Dipacu Produksi Susu

  • Bagikan
Warga Kecamatan Tegalombo tengah memerah susu sapi perah di kandangnya. (Al Ahmadi/BeritaIDN)
Warga Kecamatan Tegalombo tengah memerah susu sapi perah di kandangnya. (Al Ahmadi/BeritaIDN)

BeritaIDN, PACITAN-Dalam upaya mendukung program pemerintah pusat untuk memberikan makanan bergizi dan susu gratis bagi anak sekolah. Sapi perah di Pacitan akan terus dipacu untuk memproduksi susu, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pacitan, Sugeng Santoso, mengatakan populasi sapi perah setempat tercatat mencapai 560 ekor. Dari angka itu, sekitar 200 ekor sapi perah produktif menghasilkan 2.500 liter susu per hari.

Pun itu, Sugeng mengklaim masih jauh dari target. “Karena potensi permintaan kebutuhan industri susu juga masih cukup tinggi,” terangnya, Minggu (22/9/2024).

Guna memacu produksi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan tengah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Peternakan Kementerian Pertanian untuk memfasilitasi dan mendukung penambahan populasi sapi perah.

Baca juga :  Jalan Sehat Bareng Warga Besar Kalikuning Pacitan Bripka Latip Ingatkan Jaga Kesehatan dan Persatuan 

Pihaknya juga telah mengidentifikasi lahan seluas 127 hektar yang rencananya untuk menjadi lahan penanaman pakan ternak.

Di sisi lain, tim kesehatan hewan Pemkab Pacitan juga mengaku rutin melakukan pengecekan agar para sapi perah tetap sehat dan menghasilkan susu berkualitas

“Harapannya, populasi sapi perah di Pacitan dapat meningkat, mengingat potensi permintaan di industri susu masih cukup tinggi,” ungkapnya.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Kabupaten Pacitan dapat meningkatkan produksi susu berkualitas dan berkontribusi pada kesehatan gizi anak-anak di sekolah.

Sekadar informasi, sentra sapi perah Pacitan adalah berada di Kecamatan Tegalombo, yang mengadopsi sistem kemitraan antara peternak dan PT. Duta Agung Sejahtera (PT. DAS).

Baca juga :  Dampingi Tenaga Kesehatan Imunisasi Siswa SD, Bripka Latip: Tubuh Sehat Siswa Cerdas

Sedikitnya ada lima desa penghasil susu sapi perah, yakni, Desa Gemaharjo, Tahunan Baru, Tahunan, Ploso dan Pucangombo.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *