Tak Ingin Peternak Panik, Bripka Latip Utomo Gencar Sosialisasi Cegah PMK

  • Bagikan

BeritaIDN, PACITAN-Tak ingin warganya susah dikemudian akibat hewan ternaknya terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tulakan, Bripka Latip Utomo gencar sosialisasi pencegahan di Desa Gasang, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.

“Iya hari ini saya sosialisasi kepada Sujarno pemilik ternak sapi. Tujuannya agar bisa pencegahan dini saat ada PMK. Namun saya berharap di wilayah Pacitan tidak ada kususnya Desa Gasang,” katanya, Kamis (19/5/2022).

Sosialisasi dilakukan pun rutin tiap hari. Sebab masyoritas tempat dia bertugas masyarakat memiliki hewan ternak. Mulai dari sapi dan Kambing. di antaranya hewan ternak mengalami demam tinggi mulai 39 hingga 41 derajat celcius, keluar lendir berlebihan dari mulut hewan ternak dan berbusa, terdapat luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah.

Baca juga :  Sambang Slamet Bripka Latip Utomo Rajin Sosialisasi Cegah PMK
Bripka Latip Utomo tengah sosialisasi pencegahan PMK pada peternak (Foto: Rojihan/BeritaIDN)

“Tidak mau makan, kaki pincang, luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis, dan menjadi kurus,” imbuhnya.

Maka, masyarakat jangan panik. Namun lakukan koordinasi dengan cepat kepada mantri hewan, dokter dan dirinya. Sebab kesehatan hewan ternak bagian penting dalam proses perkembangan hingga siap dijual.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *