Cegah Kepanikan Peternak Terkait PMK, Bripka Latip Sosialisasi dan Pantau Langsung Hewan Ternak

  • Bagikan
Bripka Latip Utomo saat berbincang-bincang dengan pemilik ternak sapi terkait virus PMK (Foto: Rojihan/BeritaIDN)

BeritaIDN, PACITAN-Cegah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya Sapi, Bhabinkamtibmas Bripka Latip Utomo himbau pemilik ternak sering perhatikan hewannya.

Jika memiliki ciri-ciri mengarah ke PMK agar segera melaporkan kepada dokter atau manteri hewan maupun dirinya agar segera tertangani. Lanjut Latip menjelaskan penyakit tersebut memiliki ciri-ciri adanya pembentukan vesikel/lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku.

“Iya kemarin saya melaksanakan kegiatan himbauan dan sosialisasi kepada warga masyarakat pemilik ternak sekaligus mengecek kondisi ternak milik warga yang berada di Desa Gasang, Kecamatan Tulakan terkait pencegahan dan penanggulangan PMK,” katanya, Selasa (17/5/2022).

Dia pun meminta warga tak panik menyikapi itu, namun tetap waspada. Lebih lanjut Bripka Latip Utomo yang bertugas di Polsek Tulakan wilayah Kalikuning-Gasang pun berharap virus PMK segera berakhir dari muka bumi. Dan wilayah Kabupaten Pacitan aman dari virus PMK.

Baca juga :  Solidaritas Korban Penembakan, DKI Beri Warna Bendera New Zealand di JPO GBK

“Segera melaporkan kepada Dinas Peternakan atau petugas, bisa mantri hewan atau menghubungi Bhabinkamtibmas, guna mengetahui kondisi ternak dan penanganan lebih lanjut.

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan agar warga pemilik ternak tidak panik dan khawatir dengan kondisi dan situasi terkait PMK saat ini,” jelasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *